Skip to main content

Catur Daftar isi Peraturan | Etimologi | Sejarah | Berbagai versi | Juara | Daftar pecatur | Rating catur | Lihat pula | Referensi | Pranala luar | Menu navigasiSitus resmi FIDEPementeriran resmi FIDEFICGSSitus Portal Catur IndonesiaSitus Komunitas Pecatur Jawa TimurBlog Komputer CaturForum Dialog pecatur dan Situs-situs untuk belajar caturs

CaturPermainan meja


permainan strategibuah caturperaturan caturrajamenteribentengkudagajahbidaksekakmatremisbentengkudakesatriagajahuskupmenteriraturajarokadeen passantcastlingskak matremisremis abadikeadaan patpertandingan caturbahasa SanskertaIndiamodernbahasa Persiabahasa InggrisrajaIndiaabad ke-7chaturangaxiangqijanggishogiSpanyolabad ke-15peraturan caturabad ke-19Wilhelm Steinitzjuara catur duniaFIDEMagnus CarlsenNorwegiaKejuaraan Dunia Catur WanitaKejuaraan Dunia Catur Anak-anakKejuaraan Catur Cepat dan KilatOlimpiade CaturCatur klasikCatur cepatCatur pesatCatur kilatCatur peluruCatur ArmageddonCatur ButaCatur simultanCatur tandemCatur estafetCatur daringCatur korespondensiCatur kartugelar caturGrandmasterMaster InternasionalMaster FIDECandidate MasterFIDEIndonesiaMaster NasionalMaster PercasiPERCASIGrandmasterMaster InternasionalMaster FIDEFIDErating caturELO RatingDRNMagnus CarlsenNorwegiaUtut AdiantoSusanto Megaranto










(function()var node=document.getElementById("mw-dismissablenotice-anonplace");if(node)node.outerHTML="u003Cdiv class="mw-dismissable-notice"u003Eu003Cdiv class="mw-dismissable-notice-close"u003E[u003Ca tabindex="0" role="button"u003Etutupu003C/au003E]u003C/divu003Eu003Cdiv class="mw-dismissable-notice-body"u003Eu003Cdiv id="localNotice" lang="id" dir="ltr"u003Eu003C/divu003Eu003C/divu003Eu003C/divu003E";());




Catur




Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas






Loncat ke navigasi
Loncat ke pencarian

















Catur

Permainan catur
Seperangkat catur dalam posisi siap dimainkan, dilengkapi dengan jam catur.

Tahun aktif
kr. sejak abad ke-6 di India, hingga sekarang.
Genre
Olahraga rekreasi
Permainan papan
Permainan strategi abstrak
Jumlah pemain2
Waktu permainanUmumnya sekitar 10 sampai 60 menit; dalam kejuaraan bisa berlangsung sekitar 10 menit (catur cepat) hingga 6 jam, atau lebih.
Kesempatan acakTidak ada
Keterampilan yang dibutuhkan
Strategi, taktik

Catur adalah permainan strategi yang dimainkan pada sebuah papan persegi yang terbagi menjadi 64 kotak, dengan 32 buah catur yang terbagi sama rata dalam kelompok warna terang ("putih") dan gelap ("hitam"). Permainan ini dimainkan oleh dua orang. Sebelum bertanding, pemain harus mengetahui peraturan catur, kemudian memilih warna buah catur yang akan dimainkan. Masing-masing pemain memiliki 16 buah catur dengan bentuk dan nama yang berbeda untuk dimainkan: satu raja, satu menteri, dua benteng, dua kuda, dua gajah, dan delapan bidak. Masing-masing buah catur juga memiliki aturan pergerakan yang berbeda-beda. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.


Selama permainan berlangsung, pemain harus memindahkan buah caturnya sesuai dengan peraturan, sambil menyingkirkan buah catur lawan dari papan permainan apabila memungkinkan, yang biasa disebut "memakan". Kemenangan pemain ditentukan oleh keberhasilan dalam mengadakan 'sekakmat',[1] yaitu posisi saat raja lawan tidak bisa mengelak untuk "dimakan". Selain sekakmat, kemenangan juga dapat diperoleh apabila lawan menyatakan telah menyerah secara sukarela, yang biasanya disebabkan karena jumlah buah catur yang tidak sebanding, atau merasa bahwa sekakmat tidak bisa dihindari lagi. Permainan juga bisa berakhir seri, yang disebut dengan istilah "remis".




Daftar isi





  • 1 Peraturan

    • 1.1 Persiapan


    • 1.2 Gerakan

      • 1.2.1 Rokade


      • 1.2.2 En passant



    • 1.3 Promosi


    • 1.4 Skak


    • 1.5 Akhir permainan



  • 2 Etimologi


  • 3 Sejarah


  • 4 Berbagai versi


  • 5 Juara


  • 6 Daftar pecatur


  • 7 Rating catur


  • 8 Lihat pula


  • 9 Referensi


  • 10 Pranala luar




Peraturan |



Persiapan |
















Posisi awal sebelum permainan dimulai.


Permainan dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) berselang-seling. Permainan dimulai dengan masing-masing pemain duduk berhadapan dan menata 16 buah catur pada dua lajur, yang diurutkan sesuai aturan. Satu buah catur hanya bisa menempati satu petak. Dari ukurannya, buah catur yang terbesar dan tertinggi adalah raja, diikuti dengan menteri, gajah, kuda, benteng, dan bidak.


Barisan buah catur pada lajur terdepan, terbanyak, dan terkecil adalah bidak atau pion, diikuti di belakangnya (dari pinggir ke tengah): benteng, kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight — kesatria), gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop — uskup), menteri atau ster (dalam bahasa Inggris disebut queen — ratu), serta raja. Menteri putih diletakkan di petak putih, dan menteri hitam di petak hitam. Raja merupakan buah catur yang tertinggi, dan berada di samping menteri.




Gerakan |


Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Setiap langkah hanya boleh menggerakkan satu buah catur saja (kecuali untuk rokade, ada dua buah catur yang digerakkan). Buah catur dipindahkan ke petak kosong, ataupun yang sudah ditempati oleh buah catur lawan, yang berarti "memakannya" atau menyingkirkan buah catur lawan dari papan permainan. Namun ada pula aturan khusus untuk memakan buah catur lawan, yaitu untuk gerakan en passant.










Gerakan raja







































abcdefgh
8

Chessboard480.svg
e6 up-left arrow

f6 up arrow

g6 up-right arrow

e5 left arrow

f5 white king

g5 right arrow

e4 down-left arrow

f4 down arrow

g4 down-right arrow

8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh

Raja hanya dapat bergerak satu petak ke segala arah. Raja juga memiliki gerakan khusus yang disebut rokade dengan turut melibatkan sebuah benteng.





Gerakan benteng







































abcdefgh
8

Chessboard480.svg
d8 up arrow

d7 up arrow

d6 up arrow

a5 left arrow

b5 left arrow

c5 left arrow

d5 white rook

e5 right arrow

f5 right arrow

g5 right arrow

h5 right arrow

d4 down arrow

d3 down arrow

d2 down arrow

d1 down arrow

8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh

Benteng dapat bergerak sepanjang petak horizontal maupun vertikal, tetapi tidak dapat melompati buah catur lain. Benteng terlibat dalam gerakan rokade.





Gerakan gajah







































abcdefgh
8

Chessboard480.svg
a8 up-left arrow

g8 up-right arrow

b7 up-left arrow

f7 up-right arrow

c6 up-left arrow

e6 up-right arrow

d5 white bishop

c4 down-left arrow

e4 down-right arrow

b3 down-left arrow

f3 down-right arrow

a2 down-left arrow

g2 down-right arrow

h1 down-right arrow

8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh

Gajah dapat bergerak sepanjang petak secara diagonal, tetapi tidak dapat melompati buah catur lain dan hanya berada pada satu warna; yaitu hitam atau putih.





Gerakan menteri







































abcdefgh
8

Chessboard480.svg
d8 up arrow

h8 up-right arrow

a7 up-left arrow

d7 up arrow

g7 up-right arrow

b6 up-left arrow

d6 up arrow

f6 up-right arrow

c5 up-left arrow

d5 up arrow

e5 up-right arrow

a4 left arrow

b4 left arrow

c4 left arrow

d4 white queen

e4 right arrow

f4 right arrow

g4 right arrow

h4 right arrow

c3 down-left arrow

d3 down arrow

e3 down-right arrow

b2 down-left arrow

d2 down arrow

f2 down-right arrow

a1 down-left arrow

d1 down arrow

g1 down-right arrow

8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh

Menteri memiliki gerakan kombinasi dari benteng dan gajah, dan merupakan buah catur terkuat karena bisa bergerak ke segala arah.





Gerakan kuda







































abcdefgh
8

Chessboard480.svg
c6 black circle

e6 black circle

b5 black circle

f5 black circle

d4 white knight

b3 black circle

f3 black circle

c2 black circle

e2 black circle

8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh

Kuda memiliki gerakan seperti huruf L, yaitu memanjang dua petak dan melebar satu petak. Kudalah satu-satunya buah catur yang dapat melompati buah catur lain.





Gerakan bidak







































abcdefgh
8

Chessboard480.svg
d8 black cross

e8 black circle

f8 black cross

e7 white pawn

a5 black cross

b5 black circle

c5 black cross

b4 white pawn

f4 black circle

e3 black cross

f3 black circle

g3 black cross

f2 white pawn

8
77
66
55
44
33
22
11
abcdefgh

Bidak atau Pion dapat bergerak maju (ke arah lawan) hanya satu petak ke petak yang tidak ditempati. Pada gerakan awal, bidak dapat bergerak maju dua petak atau satu petak. Bidak tidak dapat berjalan Mundur. Bidak juga dapat memakan buah catur lawan secara diagonal, apabila berada satu petak di diagonal depannya. Bidak memiliki dua gerakan khusus, yaitu en passant dan promosi.




Rokade |




Contoh rokade


Rokade (dalam bahasa Inggris, castling) merupakan gerakan khusus dalam catur di mana Raja bergerak dua petak menuju Benteng di baris pertamanya, kemudian meletakkan Benteng pada petak terakhir yang dilalui Raja.


Persyaratan rokade adalah sebagai berikut:


  • Bidak Raja dan Benteng yang akan dilibatkan dalam rokade harus belum pernah bergerak;

  • Tidak ada bidak lain di antara Raja dan Benteng;

  • Raja tidak sedang di-skak, dan petak-petak yang dilalui Raja tidak sedang diserang oleh buah catur lawan;

Hal-hal berikut ini merupakan kesalah pengertian dalam rokade, yang semestinya tidak berlaku:


  • Bidak benteng yang terlibat rokade sedang diserang;

  • Jika benteng yang dilibatkan berada di sisi menteri, petak yang berada persis di samping Benteng tersebut tidak boleh dalam serangan.


En passant |




Contoh gerakan pion: promosi (kiri) dan en passant (kanan)


terjadi Ketika pion bergerak dua petak maju dan ada pion lawan yang berada satu petak dalam baris tujuan, maka pion lawan dapat memakan dan menempati petak yang baru saja dilalui pion tersebut (seolah-olah pion tersebut bergerak satu petak maju). Namun, gerakan ini hanya dapat dilakukan sesaat setelah gerakan pion maju dua petak, atau hak lawan untuk melakukan gerakan en passant ini hilang.



Promosi |


Ketika pion telah maju hingga menempati baris paling akhir, berbarengan dengan gerakan maju tersebut, pion dipromosikan dan harus ditukar dengan bidak berdasarkan keinginan pemain, yaitu menteri, Benteng, Gajah, ataupun Kuda dengan warna yang sama. Pada umumnya, pion dipromosikan menjadi menteri. Tidak ada pementeriran yang membatasi bidak yang dipilih sebagai promosi, jadi dimungkinkan memiliki bidak yang melebihi jumlahnya waktu awal permainan (semisal, dua menteri).



Skak |


Ketika Raja sedang diserang oleh satu atau lebih bidak lawan, keadaan ini disebut dengan skak. Pemain yang Rajanya diskak harus menggerakkan Rajanya supaya tidak terserang. Hal ini dapat dilakukan dengan memakan bidak lawan yang menyerang, menutup serangan lawan dengan menempatkan sebuah bidak di antaranya (apabila yang menyerang menteri, Benteng, atau Gajah dan ada petak kosong di antara Raja dan bidak lawan), atau memindahkan Raja ke petak yang tidak sedang diserang. Rokade tidak diijinkan apabila Raja sedang diskak.



Akhir permainan |


Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis (draw) di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, di mana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.



Etimologi |


Kata catur diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti "empat". Namun kata ini sebenarnya merupakan singkatan dari caturangga yang berarti empat sudut. Di India kuno permainan catur memang dimainkan oleh empat peserta yang berada di empat sudut yang berbeda. Hal ini lain dari permain catur modern di mana pesertanya hanya dua orang saja.


Kemudian kata caturangga ini diserap dalam bahasa Persia menjadi shatranj. Kata chess dalam bahasa Inggris diambil dari bahasa Persia shah yang artinya adalah raja.



Sejarah |


Diduga bahwa catur berasal dari India, kira-kira sebelum abad ke-7, bermula dari suatu permainan yang disebut chaturanga. Ditenggarai bahwa chaturanga juga merupakan awal mula dari permainan strategi lainnya seperti xiangqi, janggi, dan shogi. Aturan pergerakan buah catur seperti sekarang ini bermula dari Spanyol sekitar akhir abad ke-15; peraturan catur yang baku akhirnya distandardisasi pada abad ke-19. Wilhelm Steinitz, juara catur dunia pertama, menyabet gelar tersebut pada tahun 1886. Sejak 1948, kejuaraan dunia diselenggarakan oleh FIDE, lembaga percaturan seluruh dunia; juara dunia saat ini adalah Magnus Carlsen asal Norwegia. FIDE juga mengorganisasi Kejuaraan Dunia Catur Wanita, Kejuaraan Dunia Catur Anak-anak, Kejuaraan Catur Cepat dan Kilat, dan Olimpiade Catur, suatu kejuaraan beregu antarbangsa seluruh dunia.



Berbagai versi |


Terdapat berbagai macam versi permainan Catur: Catur klasik, Catur cepat (Terbagi lagi menjadi Catur pesat, Catur kilat, Catur peluru, dan Catur Armageddon), Catur Buta, Catur simultan, Catur tandem, Catur estafet, Catur daring, Catur korespondensi, Catur kartu, Catur Jawa dan ada juga Catur Karo (Sumatra Utara) di mana gerakan beberapa buah catur berbeda dengan Gerakan Catur.



Juara |





Magnus Carlsen dari Norwegia adalah juara dunia catur dan catur kilat (blitz chess) saat ini (sejak 2013)





Viswanathan Anand dari India adalah juara dunia catur pesat (rapid chess) saat ini (sejak 2017)




Ju Wenjun dari Tiongkok adalah juara dunia catur wanita saat ini (sejak 2018)


Seorang pecatur yang telah memenangi berbagai turnamen berhak mendapatkan gelar catur yang sesuai dengan prestasinya. Dalam dunia catur terdapat beberapa macam gelar — Gelar Internasional yaitu Grandmaster (GM), Grandmaster Wanita (GMW), Master Internasional (MI), Master Internasional Wanita (MIW), Master FIDE (MF), Master FIDE Wanita (MFW), Candidate Master (CM) dan Woman Candidate Master Wanita (WCM). Gelar Internasonal dikeluarkan oleh FIDE (Organisasi Catur Dunia). Dan di Indonesia juga dikenal gelar lokal yaitu Master Nasional (MN), Master Nasional Wanita (MNW), Master Percasi (MP) dan Master Percasi Wanita (MPW). Gelar nasional dikeluarkan oleh PERCASI (Persatuan Catur Seluruh Indonesia).



Daftar pecatur |


Indonesia saat ini sudah mempunyai 7 pecatur yang bergelar Grandmaster (GM) yaitu:



  1. Utut Adianto;


  2. Edhi Handoko;


  3. Cerdas Barus;


  4. Ruben Gunawan;


  5. Ardiansyah;


  6. Susanto Megaranto (Grandmaster termuda);


  7. Herman Suradiradja (Grandmaster pertama).

Sedang pecatur yang bergelar Master Internasional (MI) antara lain:



  1. Danny Juswanto (Norma GM);


  2. Dede Liu;


  3. Nasib Ginting;


  4. Salor Sitanggang;


  5. Ivan Situru;


  6. Irwanto Sadikin;


  7. Ir. Tirto (Norma GM);


  8. Taufik Halay;


  9. Ronny Gunawan (Norma GM);


  10. Andi Supardi Suhendra;


  11. Tirta Chandra Purnama;


  12. Bobby Kurniawan;


  13. Farid Firmansyah;


  14. Muhammad Miftah Farid.

Yang bergelar Master FIDE (MF) saat ini antara lain:



  1. Hamdani Rudin;


  2. Awam Wahono;


  3. Anjas Novita;


  4. Nurdin Askali;


  5. Kifli Tunasli;


  6. Syarif Mahmud;


  7. Kasmiran;


  8. Benny Killeng (Almarhum);


  9. Maksum Firdaus;


  10. Khairul Anam;


  11. Johan Gunawan;


  12. Pitra Andika;


  13. Laksana Agusta;


  14. Andrean Susilodinata;


  15. Deni Sonjaya;


  16. Arif Abdul Hafiz;


  17. Putra Ivan Maximilian;


  18. Bayu Suharjito;


  19. Pasek Budarsa.

Yang bergelar Grand Master Wanita (GMW) saat ini:


  • Irene Kharisma Sukandar

Yang bergelar Master Internasional Wanita (MIW) saat ini antara lain:



  1. Upi Darmayana Tamin;


  2. Lindri Juni Wijayanti;


  3. Lisa Karlina Lumongdong;


  4. Maria Ratna Lucia (tidak aktif);


  5. Chelsie Monica Ignesias Sihite (Norma WGM);


  6. Medina Warda Aulia (Norma WGM).

Yang bergelar Master FIDE Wanita (WMF) saat ini antara lain:



  1. Dewi A.A. Citra;


  2. Karenza Dita;


  3. Anastasia Patrick;


  4. Aay Aisyah Anisa;


  5. Ummi FIsabilillah;


  6. Ananda Astri Harsono.

  7. Nadya Anggraini Mukmin

Catur diatur secara internasional oleh organisasi bernama FIDE. FIDE singkatan dari Fédération Internationale des Échecs.



Rating catur |


Setiap pemain catur mempunyai nilai/skor yang bernama rating catur. Rating catur ini adalah angka yang menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Semakin tinggi ratingnya, pemain ini cenderung semakin kuat. Daripada gelar, rating lebih efektif menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Rating ini didapat dari kemenangan-kemenangan pecatur dalam pertandingan resmi. Bila seorang pecatur menang dengan pecatur yang lebih kuat, dia mendapatkan rating yang lebih banyak. Jika dia kalah, ratingnya akan dikurangi sesuai rumus yang ada. FIDE mengeluarkan daftar rating yang bernama ELO Rating untuk pecatur internasional setiap 2 bulan sekali. Sedang PERCASI mengeluarkan Daftar Rating Nasional (DRN) setiap 6 bulan sekali (setiap tanggal 1 Januari dan 1 Juli).


ELO Rating Tertinggi Dunia dipegang oleh GM Magnus Carlsen (Norwegia) 2861.


Sedang pecatur Indonesia yang tertinggi ELO Ratingnya saat ini adalah GM Utut Adianto (2548) dan kedua GM Susanto Megaranto (2527).



Lihat pula |


  • Pembukaan catur

  • Daftar pecatur terkenal

  • Majalah Catur

  • Klub Catur


Referensi |




  1. ^ Kata sekakmat berasal dari bahasa Arab Shah mat (“raja telah mangkat”)Wikisource-logo.svg "Chess". Encyclopædia Britannica. 6 (edisi ke-11). 1911. hlm. 101. 




Pranala luar |




  • Situs resmi FIDE

  • Pementeriran resmi FIDE

  • FICGS

  • Situs Portal Catur Indonesia

  • Situs Komunitas Pecatur Jawa Timur

  • Blog Komputer Catur

  • Forum Dialog pecatur dan Situs-situs untuk belajar catur









Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Catur&oldid=14933762"










Menu navigasi





























(window.RLQ=window.RLQ||[]).push(function()mw.config.set("wgPageParseReport":"limitreport":"cputime":"0.456","walltime":"0.654","ppvisitednodes":"value":2203,"limit":1000000,"ppgeneratednodes":"value":0,"limit":1500000,"postexpandincludesize":"value":105403,"limit":2097152,"templateargumentsize":"value":1438,"limit":2097152,"expansiondepth":"value":10,"limit":40,"expensivefunctioncount":"value":0,"limit":500,"unstrip-depth":"value":0,"limit":20,"unstrip-size":"value":15823,"limit":5000000,"entityaccesscount":"value":0,"limit":400,"timingprofile":["100.00% 413.046 1 -total"," 20.69% 85.445 1 Templat:Reflist"," 18.25% 75.401 1 Templat:Cite_EB1911"," 14.69% 60.682 1 Templat:Infobox_game"," 13.38% 55.258 1 Templat:Cite_encyclopedia"," 13.31% 54.971 1 Templat:Infobox"," 9.98% 41.208 1 Templat:Disambig_info"," 9.64% 39.820 6 Templat:Chess_diagram"," 9.13% 37.717 1 Templat:Untuk"," 6.84% 28.259 1 Templat:Chess"],"scribunto":"limitreport-timeusage":"value":"0.086","limit":"10.000","limitreport-memusage":"value":2175884,"limit":52428800,"cachereport":"origin":"mw1250","timestamp":"20190323092913","ttl":2592000,"transientcontent":false);mw.config.set("wgBackendResponseTime":125,"wgHostname":"mw1272"););

Popular posts from this blog

Identifying “long and narrow” polygons in with PostGISlength and width of polygonWhy postgis st_overlaps reports Qgis' “avoid intersections” generated polygon as overlapping with others?Adjusting polygons to boundary and filling holesDrawing polygons with fixed area?How to remove spikes in Polygons with PostGISDeleting sliver polygons after difference operation in QGIS?Snapping boundaries in PostGISSplit polygon into parts adding attributes based on underlying polygon in QGISSplitting overlap between polygons and assign to nearest polygon using PostGIS?Expanding polygons and clipping at midpoint?Removing Intersection of Buffers in Same Layers

Masuk log Menu navigasi

อาณาจักร (ชีววิทยา) ดูเพิ่ม อ้างอิง รายการเลือกการนำทาง10.1086/39456810.5962/bhl.title.447410.1126/science.163.3863.150576276010.1007/BF01796092408502"Phylogenetic structure of the prokaryotic domain: the primary kingdoms"10.1073/pnas.74.11.5088432104270744"Towards a natural system of organisms: proposal for the domains Archaea, Bacteria, and Eucarya"1990PNAS...87.4576W10.1073/pnas.87.12.4576541592112744PubMedJump the queueexpand by handPubMedJump the queueexpand by handPubMedJump the queueexpand by hand"A revised six-kingdom system of life"10.1111/j.1469-185X.1998.tb00030.x9809012"Only six kingdoms of life"10.1098/rspb.2004.2705169172415306349"Kingdoms Protozoa and Chromista and the eozoan root of the eukaryotic tree"10.1098/rsbl.2009.0948288006020031978เพิ่มข้อมูล