Skip to main content

Nauru Daftar isi Etimologi | Politik | Geografi | Distrik | Lihat pula | Referensi | Pranala luar | Menu navigasisunting"National Report on Population ad Housing"Quality of Life, Balance of Powers, and Nuclear Weapons"Nauru Pronunciation in English""Nauru — Definition, pictures, pronunciation and usage notes""Phosphate""Pacific correspondent Mike Field""Nauru's former chief justice predicts legal break down""This is Abyan's story, and it is Australia's story""The Lonely Planet Story: Once While Travelling"NauruPulau Nauru: Surga di Kejauhansss

AustraliaFijiKepulauan MarshallFederasi MikronesiaKiribatiNauruPalauPapua NuginiSamoaSelandia BaruKepulauan SolomonTimor LesteTongaTuvaluVanuatu


Country articles requiring maintenancePages using infobox country with unknown parametersArtikel mengandung aksara NauruNauru


bahasa Naurunegara kepulauanMikronesiaPasifik TengahPulau BanabaKiribatiTuvaluKepulauan SolomonPapua New GuineaNegara Federasi MikronesiaKepulauan MarshallPasifik SelatanVatican CityMonacoMikronesiaPolinesiaKekaisaran JermanPerang Dunia ILiga Bangsa-BangsaAustraliaSelandia BaruInggrisPerang Dunia IItentara Jepang1968pulaufosfatpertambanganpencucian uangPemerintah Australianegara klienbahasa NauruJerman2004presiden19992003René HarrisBernard DowiyogoDowiyogo10 Maret2003Washington D.C.Ludwig Scottypresiden29 Mei2003Agustus2003Harris1 Oktober2004Scotty2003TaiwanRepublik Rakyat TiongkokTaiwanMei2005Samudra PasifikkhatulistiwaKepulauan MarshallPulau PapuaPulau PapuaPulau Jawaterumbu karangpelabuhanLaguna BuadapisangnanaspandanSamudera PasifikKiribatiPolinesia PrancisZona Ekonomi EksklusifdistrikAiwoAnabarAnetanAnibareBaitiBoeBuadaDenigomoduEwaIjuwMenengNibokUaboeYarenAntigua dan BarbudaAustraliaBahamaBangladeshBarbadosBelizeBotswanaBruneiDominikaFijiGambiaGhanaGrenadaGuyanaIndiaJamaikaKamerunKanadaKenyaKiribatiLesothoMaladewaMalawiMalaysiaMaltaMauritiusMozambikNamibiaNauruNigeriaPakistanSamoaSeychellesSingapuraSiprusSwazilandTanzaniaTongaTuvaluUgandaVanuatuZambia










(function()var node=document.getElementById("mw-dismissablenotice-anonplace");if(node)node.outerHTML="u003Cdiv class="mw-dismissable-notice"u003Eu003Cdiv class="mw-dismissable-notice-close"u003E[u003Ca tabindex="0" role="button"u003Etutupu003C/au003E]u003C/divu003Eu003Cdiv class="mw-dismissable-notice-body"u003Eu003Cdiv id="localNotice" lang="id" dir="ltr"u003Eu003C/divu003Eu003C/divu003Eu003C/divu003E";());




Nauru




Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas






Loncat ke navigasi
Loncat ke pencarian















































Republik Nauru


Repubrikin Naoero (Nauru)
Republic of Nauru (Inggris)



Bendera Nauru

Bendera



coat_alt

Lambang



Semboyan: God's Will First
(Inggris: "Dahulukan Kehendak Tuhan")

Lagu kebangsaan: 
Nauru Bwiema
Lokasi Nauru
Lokasi Nauru

Ibu kota
(dan kota terbesar)


Yaren (de facto)1
Bahasa resmi
Nauru dan Inggris
Pemerintahan
Republik sistem campuran2
• Presiden
Baron Waqa

LegislatifParliament
Kemerdekaan
• Dari Perwalian PBB (dari Britania Raya, Australia, dan Selandia Baru)
31 Januari 1968

 - Perairan (%)
0,57
Population
 - Perkiraan 2011
10.084[1] (239)

PDB (KKB)
2006
 - Total
$36,9 juta (224)
 - Per kapita
$5.000 (139)

PDB (nominal)
2014
 - Total
$153 juta (192)
 - Per kapita
$15.211 (51)
Ginin/a
Error: Invalid Gini value

IPM (2013)

Steady 0,627[2]
Error: Invalid HDI value · 148
Mata uang
Dolar Australia (A$)
(AUD)
Zona waktuWaktu Nauru (NRT)
(UTC+12)
Lajur kemudikiri
Kode telepon+674
Kode ISO 3166NR
Ranah Internet.nr
  1. Nauru adalah satu-satunya negara tanpa ibu kota resmi. Pusat pemerintahan serta daerah pemukiman terbesar berada di Distrik Yaren, sehingga Distrik Yaren umumnya dianggap sebagai ibu kota negara ini secara de facto.

  2. Gabungan dari konsep sistem presidensial dan sistem parlementer. Presiden dipilih oleh parlemen dan memegang kursi parlemen, seperti halnya perdana menteri; namun presiden kebal dari mosi tidak percaya, tidak seperti perdana menteri.

Nauru (bahasa Nauru: Naoero, /nɑːˈr/ nah-OO-roo atau /ˈnr/ NOWR-oo[3][4]), secara resmi Republik Nauru (Nauruan: Repubrikin Naoero) dan sebelumnya dikenal sebagai Pulau Pleasant, adalah sebuah negara kepulauan di Mikronesia di Pasifik Tengah. Tetangga terdekatnya adalah Pulau Banaba di Kiribati, 300 kilometer (186 mil) ke timur. Selanjutnya terletak di barat laut Tuvalu, sebelah utara Kepulauan Solomon, timur laut timur laut Papua New Guinea, sebelah tenggara Negara Federasi Mikronesia dan selatan Kepulauan Marshall. Dengan 10.084 penduduk di daerah seluas 21 kilometer persegi (8.1 sq mi), Nauru adalah negara terkecil di Pasifik Selatan dan negara bagian ketiga terkecil menurut wilayah di dunia, hanya di belakang Vatican City dan Monaco.


Ditetap oleh orang-orang dari Mikronesia dan Polinesia c 1000 SM, Nauru dianeksasi dan diklaim sebagai koloni oleh Kekaisaran Jerman pada akhir abad ke-19. Setelah Perang Dunia I, Nauru menjadi mandat Liga Bangsa-Bangsa yang dikelola oleh Australia, Selandia Baru dan Inggris. Selama Perang Dunia II, Nauru diduduki oleh tentara Jepang, yang dilewati oleh pasukan Sekutu di seluruh Pasifik. Setelah perang usai, negara tersebut masuk ke dalam perwalian PBB. Nauru memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1968.


Nauru adalah pulau batu fosfat dengan simpanan kaya di dekat permukaan, yang memungkinkan operasi penambangan strip mudah. Ini memiliki beberapa sumber fosfat yang tersisa, yang pada tahun 2011, tidak layak secara ekonomis untuk ekstraksi.[5] Nauru membanggakan pendapatan per kapita tertinggi yang dinikmati oleh negara berdaulat manapun di dunia pada akhir 1960an dan awal 1970an. Ketika cadangan fosfat habis, dan lingkungan pulau itu telah dilanda serius oleh pertambangan, kepercayaan yang telah ditetapkan untuk mengelola kekayaan pulau itu berkurang nilainya. Untuk mendapatkan penghasilan, Nauru sebentar menjadi atax haven dan pusat pencucian uang ilegal. Dari tahun 2001 sampai 2008, dan sekali lagi dari tahun 2012, ia menerima bantuan dari Pemerintah Australia dengan imbalan hosting pusat penahanan Nauru. Akibat ketergantungan yang besar pada Australia, banyak sumber telah mengidentifikasi Nauru sebagai negara klien Australia.[6][7][8][9]




Daftar isi





  • 1 Etimologi


  • 2 Politik


  • 3 Geografi


  • 4 Distrik


  • 5 Lihat pula


  • 6 Referensi


  • 7 Pranala luar




Etimologi |


Nama "Nauru" kemungkinan berasal dari bahasa Nauru, Anáoero, yang berarti "saya pergi ke pantai". Pendatang asal Jerman menyebut pulau ini Nawodo atau Onawero.



Politik |




Gedung parlemen Nauru.


Sebanyak 18 anggota parlemen terpilih pada tahun 2004. Parlemen ini kemudian bertugas memilih presiden yang menjabat sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Dalam sistem multipartai, secara informal terdapat dua partai di Nauru, yaitu Partai Demokratik (Democratic Party) dan Partai Nauru (Nauru Party).


Pada tahun 1999 dan 2003, terjadi peristiwa yang menyimpang dari aturan mekanisme pengambilan suara yang intinya memilih René Harris dan Bernard Dowiyogo sebagai pimpinan negara alternatif. Adapun Dowiyogo meninggal saat menjabat pada tanggal 10 Maret 2003 di Washington D.C. setelah menjalani operasi jantung. Ludwig Scotty yang terpilih sebagai presiden pada tanggal 29 Mei 2003 untuk melanjutkan tugas presiden sebelumnya hampir saja gagal memenangkan pemilu yang diselenggarakan pada bulan Agustus 2003 apabila Harris tidak memberikan dukungannya.


Pada tanggal 1 Oktober 2004, Scotty memberlakukan status darurat dan membubarkan parlemen yang dianggapnya gagal mengesahkan APBN. Ia lalu memenangkan pemilu yang diadakan pada bulan itu.


Pada tahun 2003, Nauru sempat memutuskan diplomasi dengan Taiwan yang telah dijalin selama 22 tahun dan berpaling kepada Republik Rakyat Tiongkok. Diplomasi dengan Taiwan kembali dijalin pada Mei 2005.



Geografi |


Nauru adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Samudra Pasifik bagian selatan, 42 kilometer bawah garis khatulistiwa dan di sebelah selatan Kepulauan Marshall. Jarak dari Pulau Papua ke Nauru kira-kira sebanding dengan jarak dari Pulau Papua ke Pulau Jawa.
Pulau Nauru dikelilingi oleh terumbu karang yang dapat dilihat saat surut. Terumbu karang menjadi pembatas pantai berpasir dan perairan dalam. Adanya terumbu karang menghalangi pembangunan pelabuhan, walaupun 16 saluran di karang membolehkan kapal kecil untuk dapat mengakses pulau. Jalur pesisir sepanjang 150 hingga 300 meter yang subur terletak di pedalaman dari pantai.
Tebing koral mengelilingi plato di tengah Nauru, dikenal dengan nama "Topside". Titik tertinggi koral tersebut, Command Ridge, berada di ketinggian 71 meter di atas permukaan laut. Satu-satunya wilayah subur di Nauru adalah sabuk pesisir sempit, di mana kelapa tumbuh berkembang. Wilayah di sekitar Laguna Buada cocok untuk pertumbuhan pisang, nanas, pandan, dan tanaman tradisional berkayu keras, seperti kedondong laut. Populasi Nauru terkonsentrasi di sabuk pesisir dan di sekitar Laguna Buada.


Nauru sempat menjadi satu dari tiga pulau karang fosfat utama di Samudera Pasifik (lainnya adalah Banaba di Kiribati dan Makatea di Polinesia Prancis). Namun, cadangan fosfat di Nauru dihabiskan untuk pelbagai kebutuhan. Pertambangan fosfat di plato tengah meninggalkan daerah tandus dari batu kapur bergerigi yang tingginya bisa mencapai 15 meter. Pertambangan yang belangsung selama seabad telah merusak kurang lebih 80% wilayah negara. Pertambangan juga telah memengaruhi Zona Ekonomi Eksklusif, karena sekitar 40% kehidupan laut telah tebunuh oleh limpasan lumpur dan fosfat.



Distrik |




Peta Nauru.



Nauru dibagi menjadi 14 distrik, yaitu:





  • Aiwo

  • Anabar

  • Anetan

  • Anibare

  • Baiti

  • Boe

  • Buada


  • Denigomodu

  • Ewa

  • Ijuw

  • Meneng

  • Nibok

  • Uaboe

  • Yaren


Lihat pula |


  • Penambangan fosfat di Nauru


Referensi |




  1. ^ "National Report on Population ad Housing" (PDF). Nauru Bureau of Statistics. Diakses tanggal 9 Juni 2015. 


  2. ^ Quality of Life, Balance of Powers, and Nuclear Weapons Avakov, Aleksandr Vladimirovich. Algora Publishing, 27 Jan 2012.


  3. ^ "Nauru Pronunciation in English". Cambridge English Dictionary. Cambridge University Press. 


  4. ^ "Nauru — Definition, pictures, pronunciation and usage notes". Oxford Advanced Learner's Dictionary. Oxford University Press. 


  5. ^ Hogan, C Michael (2011). "Phosphate". Encyclopedia of Earth. National Council for Science and the Environment. Diakses tanggal 17 June 2012. 


  6. ^ "Pacific correspondent Mike Field". Radio New Zealand. 18 June 2015. 


  7. ^ "Nauru's former chief justice predicts legal break down". SBS News. Special Broadcasting Service. 


  8. ^ Ben Doherty. "This is Abyan's story, and it is Australia's story". The Guardian. 


  9. ^ Tony Wheeler; Maureen Wheeler (2008). "The Lonely Planet Story: Once While Travelling". Crimson Publishing. ISBN 978-1-8545-8449-6. 




Pranala luar |





  • (Inggris) Nauru di Jane Resture


  • (Inggris) Pulau Nauru: Surga di Kejauhan di Albion Monitor












Diperoleh dari "https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Nauru&oldid=14772106"










Menu navigasi





























(window.RLQ=window.RLQ||[]).push(function()mw.config.set("wgPageParseReport":"limitreport":"cputime":"0.616","walltime":"1.057","ppvisitednodes":"value":5379,"limit":1000000,"ppgeneratednodes":"value":0,"limit":1500000,"postexpandincludesize":"value":145899,"limit":2097152,"templateargumentsize":"value":41679,"limit":2097152,"expansiondepth":"value":18,"limit":40,"expensivefunctioncount":"value":5,"limit":500,"unstrip-depth":"value":0,"limit":20,"unstrip-size":"value":8586,"limit":5000000,"entityaccesscount":"value":1,"limit":400,"timingprofile":["100.00% 939.525 1 -total"," 29.85% 280.479 1 Templat:Nauru_infobox"," 29.18% 274.109 1 Templat:Infobox_Country"," 28.13% 264.271 2 Templat:Sister_project"," 27.52% 258.560 2 Templat:Side_box"," 26.75% 251.327 1 Templat:Wikivoyage"," 25.96% 243.939 3 Templat:Infobox"," 18.36% 172.456 2 Templat:Template_group"," 17.21% 161.688 1 Templat:Kelompok_templat/geo"," 14.33% 134.605 3 Templat:Navbox"],"scribunto":"limitreport-timeusage":"value":"0.240","limit":"10.000","limitreport-memusage":"value":5260672,"limit":52428800,"cachereport":"origin":"mw1252","timestamp":"20190416100206","ttl":2592000,"transientcontent":false);mw.config.set("wgBackendResponseTime":146,"wgHostname":"mw1328"););

Popular posts from this blog

Identifying “long and narrow” polygons in with PostGISlength and width of polygonWhy postgis st_overlaps reports Qgis' “avoid intersections” generated polygon as overlapping with others?Adjusting polygons to boundary and filling holesDrawing polygons with fixed area?How to remove spikes in Polygons with PostGISDeleting sliver polygons after difference operation in QGIS?Snapping boundaries in PostGISSplit polygon into parts adding attributes based on underlying polygon in QGISSplitting overlap between polygons and assign to nearest polygon using PostGIS?Expanding polygons and clipping at midpoint?Removing Intersection of Buffers in Same Layers

Masuk log Menu navigasi

อาณาจักร (ชีววิทยา) ดูเพิ่ม อ้างอิง รายการเลือกการนำทาง10.1086/39456810.5962/bhl.title.447410.1126/science.163.3863.150576276010.1007/BF01796092408502"Phylogenetic structure of the prokaryotic domain: the primary kingdoms"10.1073/pnas.74.11.5088432104270744"Towards a natural system of organisms: proposal for the domains Archaea, Bacteria, and Eucarya"1990PNAS...87.4576W10.1073/pnas.87.12.4576541592112744PubMedJump the queueexpand by handPubMedJump the queueexpand by handPubMedJump the queueexpand by hand"A revised six-kingdom system of life"10.1111/j.1469-185X.1998.tb00030.x9809012"Only six kingdoms of life"10.1098/rspb.2004.2705169172415306349"Kingdoms Protozoa and Chromista and the eozoan root of the eukaryotic tree"10.1098/rsbl.2009.0948288006020031978เพิ่มข้อมูล